Blog

[aioseo_breadcrumbs]

5 Cara Simpan Daging Kurban di Kulkas Agar Awet

Selamat Hari Raya Idul Adha 2021 bagi umat Islam yang merayakan. Apakah sudah dapat daging kurban Idul Adha tapi belum akan dimasak? Bagaimana cara simpan daging kurban di kulkas agar awet?

Ada beberapa tips yang sebenarnya bisa Anda gunakan dan terapkan, agar daging kurban yang belum diolah bisa awet. Berikut beberapa cara simpan daging kurban di kulkas merangkum dari berbagai sumber.

1. Jangan Cuci Daging yang Akan Disimpan

Mungkin mencuci daging adalah proses reflek yang dilakukan agar membuat daging yang disimpan menjadi bersih. Namun demikian justru hal ini bisa mengurangi kualitas daging.

Daging kurban yang dicuci kemudian disimpan di dalam kulkas akan membuat bau tak sedapnya semakin kuat. Selain itu, air yang menyerap ke dalam daging membuat kualitasnya menurun.

2. Tempat Kedap Udara

Cara simpan daging kurban di kulkas yang terbaik adalah dimasukkan ke wadah atau tempat kedap udara. Ketika disimpan di wadah kedap udara yang memiliki standar pangan, maka kualitas dan higienitas daging bisa tetap terjaga.

3. Pindah dari Freezer ke Rak Khusus Daging

Ketika daging yang disimpan di dalam freezer akan diolah, jangan langsung letakkan di udara terbuka. Pindahkan ke rak khusus daging yang biasanya berada di bawah freezer, dan biarkan mencair perlahan.

4. Sebelum Disimpan, Potong Dahul

Sebelum menyimpan daging di wadah kedap udara, terlebih dahulu potong daging dengan porsi yang sudah direncanakan. Selain bisa menghemat tempat, hal ini juga akan memudahkan Anda ketika akan mengolah daging setelah dari freezer.

5. Suhu Minus 18 Derajat Celcius

Agar daging kurban Idul Adha lebih tahan lama dan tak mudah busuk, direkomendasikan untuk menyimpannya di freezer dengan suhu minus 18 derajat Celcius. Suhu ini akan membekukan daging dan menidurkan bakteri di dalam daging, sehingga daging menjadi lebih awet.

Silahkan mencoba 5 cara simpan daging kurban di kulkas tersebut. Semoga daging kurban Idul Adha jadi lebih awet. Selamat menikmati hari Anda, dan tetap terapkan prokes dengan ketat ya!

Posted in